Kelompok 4 (Pepaya) :
Allysa Puspacinta
Andiani Dini Putri
Anisa Rahma Hanifa
Dinda Deniati Pandini
Nurfadillah Ami Santika
Kelas : 3PA06
PENDAHULUAN
Komunikasi merupakan
hal penting yang tidak bisa lepas dari seluruh bidang kehidupan. Tiap orang
tentu pernah melakukannya, karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk soaial
yang selalu bergantung pada manusia lain. Sehingga satu-satunya cara dan
alat yang digunakan agar tetap bisa saling berhubungan adalah dengan
berkomunikasi satu sama lain. Baik itu melalui komunikasi sederhana
maupun komunikasi yang tergolong canggih karena proses penyampaiannya melalui
saluran yang disebut media massa.
Kegiatan berkomunikasi
perannnya sangat besar. Saat berkomunikasi dengan orang lain, secara
sadar atau tidak kita sudah meperoleh hal-hal yang berguna untuk menambah
wawasan dan ilmu pengetahuan. Walaupun tidak jarang, dengan berkomunikasi
juga memberikan efek negatif jika kita tidak ketat melakukan proses
penyaringan. Dengan seringnya melakukan komunikasi akan melatih kita
bagaimana caranya berbahasa yang baik dan benar, sopan santun jika berbicara
dengan orang lain, serta membuat kita tidak lagi merasa canggung berbicara di
hadapan orang banyak. Tidak berlebihan jika beberapa ahli menggolongkan
komunikasi sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang, pangan
dan papan.
Oleh sebab itu dalam
tulisan ini akan menjabarkan sedikit mengenai hal tentang komunikasi.
Kami akan membahas penjelasan tengan komunikasi dan dimensi-dimensi dalam
komunikasi. Dengan begitu pembaca nantinya diharapkan mengetahui dan mengerti
penjelsan mengenai apa itu komunikasi.
TEORI
Kata komunikasi berasal
dari bahasa Latin communicatio yang berarti “pemberitahuan” atau
“pertukaran pikiran”. Jadi secara garis besar dalam suatu proses komunikasi
haruslah terdapat unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran
pikiran dan pengertian antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan
(penerima pesan).
Proses komunikasi dapat
diartikan sebagai “transfer informasi” atau pesan (message) dari pengirim pesan
sebagai komunikator kepada penerima sebagai komunikan. Dalam proses komunikasi
tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian (mutual understanding)
antara kedua pihak yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikator
mengirimkan pesan/informasi kepada komunikan sebagai sasaran komunikasi.
Berikut adalah definisi komunikasi menurut para pakar :
1. Komunikasi
adalah seni menyampaikan informasi, ide, dan sikap seseorang kepada orang lain
(Edwin Emery).
2. Komunikasi
adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia (Delton
E, Mc Farland).
3. Komunikasi
adalah proses yang menggambarkan siapa mengaratakan apa dengan cara apa, kepada
siapa denganefek apa (Laswell)
Dimensi-dimensi
komunikasi
· Dimensi
isi
Komunikasi mencakup
dimensi isi. Komunikasi juga menyangkut hubungan diantara kedua pihak. Sebagai
contoh, seorang atasan mungkin berkata kepada bawahannya “Datanglah keruangan
saya setelah rapat ini”. Pesan sederhana ini mempunyai aspek isi (kandungan atau content)
dan aspek hubungan (relational). Aspek isi mengacu pada tanggapan perilaku yang
diharapkan yaitu, bawahan menemui atasan setelah rapat
· Dimensi
kebisingan
Noise atau
kebisingan adalah segala sesuatu yang ada dilingkungan komunikasi yang dapat
mengganggu kelancaran berlangsungnya penyampaian pesan tersebut. Gangguan
tersebut bisa karena adanya alat-alat yang bersuara keras, lingkungan yang
berisik, gangguan lain, atau karena kurangnya kondisi fisik atau psikologis
penerima pesan. Gangguan ini muncul bila komunikasi bersifat lisan/verbal.
· Dimensi
Jaringan
Yang dimaksud dengan jaringan komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk meneruskan pesan dari orang yang satu ke orang yang lain. jaringan ini dapat dilihat dari dua perspektif. Pertama, kelompok kecil sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya akan mengembangkan pola komunikasi yang menggabungkan beberapa struktur jaringan komunikasi. jaringan komunikasi ini kemudian merupakan sistem komunikasi umum yang akan digunakan oleh kelompok dalam mengirimkan pesan dari satu orang ke orang lainnya. Kedua, jaringan komunikasi ini bisa dipandang sebagai struktur yang diformalkan yang diciptakan oleh organisasi sebagai sarana komunikasi organisasi.
Yang dimaksud dengan jaringan komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk meneruskan pesan dari orang yang satu ke orang yang lain. jaringan ini dapat dilihat dari dua perspektif. Pertama, kelompok kecil sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya akan mengembangkan pola komunikasi yang menggabungkan beberapa struktur jaringan komunikasi. jaringan komunikasi ini kemudian merupakan sistem komunikasi umum yang akan digunakan oleh kelompok dalam mengirimkan pesan dari satu orang ke orang lainnya. Kedua, jaringan komunikasi ini bisa dipandang sebagai struktur yang diformalkan yang diciptakan oleh organisasi sebagai sarana komunikasi organisasi.
· Dimensi
arah
Komunikasi satu arah
adalah situasi komunikasi dimana pengirim tidak memiliki kesempatan untuk
mengetahui bagaimana peneriman telah mendekodefikasikan pesannya. Sebaliknya
komunikasi dua arah berlangsung apabila pengirim cukup leluasa mendapatkan
umpan balik tentang cara penerima menangkap pesan yang telah dikirimnya
PENUTUP
Komunikasi merupakan
proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan untuk mencapai
suatu kesamaan pemahaman terhadap suatu hal. Proses komunikasi dapat diartikan
sebagai “transfer informasi” atau pesan (message) dari pengirim pesan sebagai komunikator
kepada penerima sebagai komunikan. Dalam proses komunikasi tersebut bertujuan
untuk mencapai saling pengertian (mutual understanding) antara kedua pihak yang
terlibat dalam proses komunikasi, komunikator mengirimkan pesan/informasi
kepada komunikan sebagai sasaran komunikasi.
DAFTAR PUSTAKA
Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori dan
Manajemen Komunikasi
Jakarta
: MedPress
Supratiknya, A. (1995). Komunikasi Antar Pribadi,
Tinjauan Psikologis.
Ismainar, Hetty. (2015). Manajemen Unit Kerja.
Yogyakarta
: Deepublish
Ruky, Achmad. S. (2002). Sukses sebagai Manajer
Profesional tanpa Gelar MM atau MBA.
Jakarta
: Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar