Rabu, 20 Mei 2015

Self - Directed Changes

A. Konsep dan Penerapan Self-directed changes :

1. Meningkatkan kontrol diri: mendasarkan diri pada kesadaran bahwa pada setiap  manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan kondisi  yang dimiliki setiap manusia. Itu dapat terjadi sebagai akibat perubahan dalam  struktur kognitif yang dihasilkan oleh perubahan struktur kognitif itu sendiri atau  perubahan kebutuhan juga adanya motivasi internal serta belajar yang efektif.

2. Menetapkan tujuan: dimaksudkan untuk menjaga individu agar tetap tertuju pada  proses pembelajaran, dalam arti dapat mengetahui dan mampu secara mandiri  menetapkan mengenai apa yang ingin dipelajari dalam mencapai kesehatan mental,  serta tahu akan kemana tujuan hidupnya, cakap dalam mengambil keputusan dan  mampu berpartisipasi di masyarakat dan akan mampu mengarahkan dirinya.

3. Pencatatan perilaku
Untuk mengubah suatu kebiasaan yang jelek, catatlah hal apa saja yang bisa kita  ubah dari kebiasaan tersebut, dari situ kita bisa menilai mana yang akan membantu  dan memotivasi dan mana hal yang akan menggoda kita serta harus dihindari setiap  kita berada dalam kelas.

4. Menyaring anteseden perilaku
Tuliskan kebiasaan yang ingin kita perbaiki, dari situ kita akan melihat kerugiannya,  apakah kesadaran konsekuensi lebih kuat dari keinginan melakukan kebiasaan  tersebut?

5. Menyusun konsekuensi yang efektif: pemahaman dalam arti sehat mental dapat  menentukan perubahan pada individu dalam melakukan mobilitas untuk melakukan  segala sesuatu aktifitas –aktifitas yang dilakukan oleh manusia, dalam menanggapi  stimulus lingkungan, yang meliputi aktivitas motoris, emosional,dan kognitif dalam  mencapai kematangan mental.

6. Menerapkan perencana intervensi: membawa perubahan, tentunya pada perubahan  yang lebih baik. Dalam arti pemahaman nilai-nilai, karakter / watak, dan cara cara  berperilaku secara individual. Dalam arti kita harus lebih memahami cara berperilaku  kegiatan proses pembentukan watak dan pembelajaran secara terencana.

7. Evaluasi: faktor yang penting untuk mencapai kematangan pribadi, sedangkan salah  satu faktor penting untuk mengetahui keefektivan adalah evaluasi baik terhadap  proses maupun hasil pembelajaran.

Sumber:
Prabowo, Hendro. B.P. Dwi Riyanti.1998.Psikologi Umum 2.Jakarta: Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar